Penyajian Data Tabel Dan Grafik

Penyajian Data Tabel Dan Grafik





Penyajian Data


Penyajian data  merupakan  salah  satu  kegiatan  dalam  pembuatan  laporan  hasil penelitan  yang  telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Data yang disajikan harus sederhana dan jelas agar mudah dibaca.Penyajian data juga dimaksudkan agar  para  pengamat  dapat dengan  mudah  memahami  apa yang  kita  sajikan  untuk  selanjutnya  dilakukan  penilaian  atau  perbandingan, dan lain-lain.



Tujuan Penyajian Data
  • Memberi gambaran  yang  sistematis  tentang  peristiwa-peristiwa  yang merupakan hasil penelitian atau observasi,
  •  Data lebih cepat ditangkap dan dimengerti,
  •  Memudahkan dalam  membuat  analisis data, dan
  •  Membuat proses pengambilan keputusan dan kesimpulan lebih  tepat, cepat,dan akurat.

Penyajian  Data  Dengan  Tabel

  • Tabel  merupakan kumpulan angka-angka  yang  tersusun berdasarkan kategori-kategori  atau karakteristik karakteristik  tertentu sehingga memudahkan  untuk dianalisis. Data  yang  disajikan dalam  tabel  bisa  berupa  data cross section  atau data  time series. Secara umum penyusunan  tabel memerlukan identitas  judul  tabel, judul  baris, judul kolom, badan  tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.

1. Tabel Satu Arah

Tabel satu  arah adalah  tabel yang memuat  keterangan mengenai satu hal atau satu  akrakteritik saja. Karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, ukuran, kadar/persentasi, dan lain-lain. 
Contoh  tabel  satu  arah


       Daftar Investaris kelas Tahun 2002/2003




2. Tabel Dua Arah

Tabel dua arah adalah tabel  yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut kelompok usia dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jurusan dan jenis kelamin, dan lain-lain.
Contoh tabel dua arah

Jumlah mahasiwa STIS menurut tingkat dan jurusan tahun 2014



3. Tabel Tiga Arah

Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, dan data petani menurut luas lahan, usia, dan jenis kelamin.
Contoh tabel tiga arah

Jumlah karyawan perusahaan Y menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir yang ditamatkan tahun 2010



Penyajian  Data  Dengan  Grafik


Grafik merupakan suatu rangka  yang digunakan untuk  membentuk objek  visualisasi  dari data sebuah table. Data  dalam table yang  dimaksud disini lah  data yang  terdiri  dari  angka-angka dan dapat kita tampilkan  ke dalam bentuk  gambar.


1. Grafik Batang

Grafik batang adalah grafik data berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran sesuai dengan data yang bersangkutan. Grafik batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Perhatikan contoh berikut ini.




2. Grafik Garis




Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.
Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis.


3. Grafik Lingkaran




Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.


Sumber:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran gejala pusat data dikelompokkan

Ukuran Varians dan Simpangan Baku